Petunjuk Pembelian

PETUNJUK PEMBELIAN BAHAN PELEDAK

Bahan peledak merupakan barang yang sangat berbahaya dan rawan, sehingga untuk kepentingan keselamatan dan keamanan penggunaan bahan peledak komersil diperlukan adanya pengawasan dan pengendalian secara khusus.  Bahan peledak komersil adalah berbagai produk bahan kimia yang dapat digunakan sebagai bahan peledak untuk kepentingan pekerjaan tambang, pekerjaan umum atau digunakan dalam proses produksi tertentu serta bersifat komersil.  

PT Dahana (persero) ditunjuk berdasarkan Kepres 5 tahun 1988 untuk melayani kebutuhan bahan peledak sesuai dengan peraturan perundangan. PT Dahana (persero) telah memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun dalam industri bahan peledak serta memiliki infrastruktur, fasilitas dan kompetensi yang diperlukan dalam memberi pelayanan yang berhubungan dengan bahan peledak.

Berdasarkan Keppres 5 tahun 1988 JO Keppres 125 tahun 1999, Pengadaan dan penggunaan bahan peledak selanjutnya diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan RI No. 36/2012 tentang Pedoman dan Tata Cara Perizinan, Pembinaan, Pengembangan, Pengawasan dan Pengendalian  Industri bahan peledak dan Peraturan Kepala Kepolisian RI Nomor 2 tahun 2008 tentang Pengawasan, Pengendalian dan Pengamanan Bahan Peledak Komersial.


Ijin Pembelian dan Penggunaan (SI-P2)
Pembelian bahan peledak hanya dapat dilayani apabila konsumen memiliki Surat Ijin Pembelian dan Penggunaan (SI-P2) yang dikeluarkan oleh Kapolri dan berlaku untuk 6 (enam) bulan dan hanya diberikan kepada konsumen yang sudah memiliki Surat Ijin Pemilikan, Penguasaan dan Penyimpanan bahan peledak (SI-P3) yang juga dikeluarkan oleh Kapolri.  

Ijin Pemilikan, Penguasaan dan Penyimpanan (SI-P3)
SI-P3 adalah Surat Ijin Pemilikan, Penguasaan dan Penyimpanan bahan peledak.  SI-P3 ini dikeluarkan oleh Kapolri dan berlaku selama 5 (Lima) tahun disesuaikan dengan berlakunya Ijin gudang dari Ditjen Mineral Batubara, Panas Bumi atau Ditjen Migas.

Sebelum SI-P2 atau SI-P3 ini dikeluarkan oleh Kapolri, disyaratkan adanya rekomendasi dari Kapolda setempat.  Untuk proyek/perusahaan di lingkungan Ditjen Pertambangan Umum atau Ditjen MIGAS, harus dilengkapi rekomendasi dari Direktorat tersebut di samping rekomendasi dari Kapolda setempat.  Sedangkan untuk pengurusan rekomendasi dari Kapolda, disyaratkan adanya rekomendasi dari Polres dan Polwil setempat.

PELAKSANAAN PEMBELIAN

  1. Konsumen kemudian mengajukan permintaan pembelian secara tertulis dengan menyebutkan macam dan jumlah bahan peledak yang dikehendaki dan disertai penjelasan mengenai tujuan penggunaannya.
  2. Berdasarkan permintaan pengadaan, Dahana akan mengajukan penawaran kepada konsumen yang bersangkutan dan bila dikehendaki Dahana dapat membantu mempersiapkan dan melengkapi ijin yang diperlukan.
  3. Setelah kesepakatan pembelian antara Dahana dan Konsumen tercapai, syarat-syarat pembelian akan dituangkan dalam surat perjanjian jual beli/PO atau SO.
  4. Berdasarkan permintaan tersebut, Dahana akan menentukan rencana pengadaannya, apakah akan dipenuhi dari stok yang ada, diproduksi atau akan diimporkan.
  5. Penyerahan barang dilaksanakan setelah terpenuhi syarat-syarat perIjinan dan pembayaran sesuai dengan jadwal pengiriman.




PENGIRIMAN/PENYERAHAN BARANG

1. Barang hanya dapat dikirimkan/diserahkan kepada konsumen apabila:

a. Dilengkapi surat-surat Ijin yaitu:

  1. Untuk barang yang akan dikirim dari gudang Dahana, konsumen telah menyerahkan SI-P2 untuk bahan peledak yang dimaksud.
  2. Untuk barang yang akan diimpor secara langsung, di samping konsumen telah menyerahkan SI-P2, Dahana sendiri harus memiliki Surat Ijin Impor yang sesuai.

b.  Konsumen telah melunasi tagihan transaksi sebelumnya dan melaksanakan pembayaran uang muka sesuai syarat-syarat dalam Surat Perjanjian Jual-Beli/Purchase Order (PO) atau Service Order (SO).

2. Tempat Penyerahan

Pembelian dapat dilakukan secara franco gudang konsumen, maupun loco gudang Dahana.  


PENGAWALAN
Untuk menjamin keselamatan dan keamanan dalam pengiriman, setiap pengangkutan bahan peledak harus disertai pengawalan dari Polri.

Untuk pembelian paket produk berupa jasa peledakan (Jasa pengeboran dan peledakan, serta jasa DTH) Dahana akan membantu sepenuhnya administrasi perijinan yang diperlukan sesuai peraturan, maka jasa peledakan hanya bisa dilakukan oleh produsen seperti Dahana atau badan lain yang mendapatkan ijin sebagai jasa peledakan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Dahana yang akan memberikan pelayanan prima untuk konsumennya.

Download

       @ 2011 by Dahana.com All Rights Reserved