DANFO2

DANFO

DANFO (Dahana Ammonium Nitrate Fuel Oil) merupakan bahan peledak berbentuk butiran free flowing berbasis Ammonium Nitrate dan Fuel Oil yang tidak peka terhadap detonator.

Bahan peledak ini umumnya dikenal sebagai ANFO, cocok digunakan untuk operasi blasting open pits maupun underground dengan karakteristik lubang kering.

DANFO digunakan sebagai bahan peledak industri, mempunyai safety yang tinggi, mudah dalam penanganannya dan sangat ekonomis bila dibandingkan penggunaan bahan ledak konvensional lainnya.

Keamanan

DANFO adalah blasting agent yang tidak peka terhadap inisiasi detonator nomor 8, cocok untuk dipakai pada lubang-lubang peledakan yang relatif kering pada operasi-operasi blasting open pits dan underground.

DANFO memiliki sensitifitas terhadap impak mekanik yang sangat rendah. Kriteria ketidaksensitifan terhadap impak mekanik ini merupakan fitur sangat penting dari produk ini.

Jika ceceran DANFO akan dimusnahkan dengan cara pembakaran, metoda pemusnahan yang tepat dapat dimintakan kepada Engineering Center DAHANA atau dari Instansi setempat yang ditunjuk menurut Undang-undang.

Penggunaan

DANFO cocok untuk pemakaian pada lubang-lubang peledakan kering dan akan tetap kering sampai proses inisiasi dilaksanakan.

Dirancang untuk menghasilkan energi yang besar dan digunakan sebagai column charges pada pada operasi-operasi blasting open pits dan underground di pertambangan, quarry dan pekerjaan blasting lainnya dengan karakteristik lubang tembak yang kering. DANFO adalah blasting agent. DANFO akan menghasilkan energi yang maksimum dan efisiensi jika diinisiasi dengan HDP booster.
Primer lain yang direkomendasikan untuk menginisiasi DANFO adalah jenis Emulsion Explosives yang �cap sensitive� seperti serial produk Dayagel atau Nitrogliserine based Explosives.

DANFO dapat dimasukan pada lubang-lubang tembak yang relatif kering dengan menggunakan pneumatic loader atau dapat dituangkan secara langsung dari kantong.

Kebutuhan Primer

eluruh DABEX/ANFO Blend diformulasikan sebagai produk yang tidak sensitive terhadap detonator. Minimal Primer untuk inisiasi produk ini adalah 400 gram Cast Booster TNT/PETN.

Pada column charge yang dalam atau jika isian DABEX/ANFO Blend tidak merata sepanjang kolom, disarankan penggunaan dua buah primer. Tidak direkomendasikan penggunaan detonating cord untuk inisiasi column charge yang berisi DABEX/ANFO Blend.

Jika digunakan detonating cord dan tinggi column charge lebih dari 5 m, harus dipasang primer yang ditempatkan pada bagian atas dan dasar charge.

Sleeping Time

DABEX dan ANFO Blend memiliki sleeping time hingga 3 bulan pada lubang-lubang tembak yang kering.

Sedangkan di lubang-lubang yang berair dengan kondisi air yang mengalir, sleeping time produk ini dapat mencapai 30 hari.

Performansi produk dipengaruhi banyak faktor seperti diameter lubang tembak, kondisi primer/booster, air tanah dan densiti produk. Para pengguna produk ini diminta untuk segera mengkonsultasikan kepada Dahana apabila dijumpai kondisi-kondisi yang tidak biasa.

Pertolongan Pertama
Kecuali terabsorbsi dalam jumlah besar, DABEX dan ANFO Blend secara praktis bukan merupakan campuran kimia yang berbahaya.
Keamanan DABEX dan ANFO Blend merupakan bahan peledak dan dapat menyebabkan kecelakan serta kerusakan material jika digunakan secara tidak tepat.

Penanganan, penyimpanan, penggunaan DABEX dan DANFO Blend harus sesuai dengan ketentuan pengelolaan bahan peledak.

Download

       @ 2011 by Dahana.com All Rights Reserved