PT DAHANA, Objek Vital Industri Nasional

EMC highlight


PT Dahana (Persero) kembali resmi menyandang sebagai bagian dari Objek Vital Nasional untuk sektor industri. Hal ini menyusul keluarnya Surat Keputusan Menteri Perindustrian MS Hidayat melalui Kepmen bernomor: 620/M-Ind/Kep/12/2012 yang mengatur perusahaan-perusahaan nasional mana saja yang termasuk kategori objek vital.

Peraturan menteri tersebut mengatur tanggungjawab masing-masing perusahaan atas penyelenggaraan keamanan  berdasarkan   prinsip   pengamanan   internalnya.   Selain   itu,   peraturan   menteri   ini mewajibkan setiap perusahaan yang masuk kategori sebagai objek vital untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian RI.

Ditetapkan pada 26 Desember 2012, peraturan menteri revisi terbaru tentang objek vital ini menggantikan peraturan sebelumnya, yakni peraturan menteri nomor: 03/M-Ind/Per/4/2005 yang dianggap sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman ini.  Dalam peraturan tersebut, beberapa perusahaan yang tergolong objek vital meliputi industri semen, baja, pupuk, bahan peledak, telekomunikasi, perkapalan, minyak sawit, tepung, senjata, dan kawasan industri berikat.

Dahana SUbang Map

PT Dahana sendiri sebagai salah satu industri bahan peledak yang masuk kategori objek vital nasional, jauh-jauh hari telah menerapkan standar keamanan dengan standar yang ketat.  Energetic Material Center (EMC) yang berlokasi di Subang adalah salah satunya. Sesuai sistem pengendalian internal perusahaan, kawasan EMC seluas hampir 600 hektar ini terbagi dalam tiga ring dengan tingkat pengamanan yang berbeda setiap ringnya. (IDR)

       @ 2011 by Dahana.com All Rights Reserved